Internet

Cara Memperbaiki Kesalahan/Error Kmode Exception Not Handled di Windows 10

Kesalahan KMODE_EXCEPTION_NOT_HANDLED adalah kesalahan layar biru umum yang biasanya terjadi karena driver yang salah. Dalam beberapa kasus, pengguna juga dapat terjebak dalam bootloop. Sederhananya, kesalahan Kmode Exception Not Handled tidak ditangani adalah hasil dari konflik terkait memori antara dua atau lebih aplikasi.

Jadi, baca terus untuk mengetahui memperbaiki kesalahan Kmode Exception Not Handled.

Nonaktifkan Fast Startup dan Clean Boot Komputer Anda

Secara default, startup cepat diaktifkan di hampir semua mesin Windows 10. Fitur ini memungkinkan komputer Anda untuk boot lebih cepat atau cepat pulih dari hibernasi, tetapi juga dapat menyebabkan Windows 10 tidak melakukan booting dengan benar atau memuat kembali ke kesalahan sebelumnya.

Hal pertama yang harus dilakukan pengguna adalah menonaktifkan startup cepat, diikuti dengan boot bersih:

Nonaktifkan Fast StartUp

  • Klik kanan pada tombol Start dan klik Power Options.
  • Di jendela yang terbuka, klik Additional power settings.
  • Di menu di sisi kiri, klik Choose what power buttons do.
  • Arahkan ke Shutdown settings dan hapus centang pada kotak Turn on fast startup.
  • Simpan perubahan dan keluar.

Cara Clean Boot Windows 10

Boot bersih menonaktifkan semua perangkat lunak pihak ketiga di Windows. Ini digunakan untuk mendiagnosis banyak masalah umum yang dihadapi pengguna Windows.

  • Di bilah pencarian menu Start, ketik msconfig dan pilih System Configuration di hasil pencarian.
  • Arahkan ke tab Services di jendela.
  • Centang kotak Hide all Microsoft services.
  • Periksa semua layanan dan klik Disable all.
  • Sekarang, buka Task Manager dan buka tab Startup.
  • Pilih semua layanan satu per satu dan klik tombol Disable di kanan bawah.

Sekarang saatnya untuk me-reboot komputer Anda dan memeriksa apakah kesalahan masih berlanjut. Jika kesalahan teratasi, itu berarti kesalahan layar biru kematian disebabkan oleh gangguan dari perangkat lunak pihak ketiga.

Driver Network Mungkin Sudah Kedaluwarsa

Alasan umum untuk Kmode Exception tidak ditangani BSOD adalah driver Network yang sudah ketinggalan zaman. Inilah cara Anda memperbarui driver jaringan perangkat Anda:

  • Tekan Tombol Windows + R dan ketik devmgmt.msc. Jendela Device Manager akan terbuka.
  • Cari Network adapters dan perluas mereka menggunakan panah drop-down.
  • Klik kanan pada Ethernet dan driver nirkabel Anda dan pilih Update driver.
  • Selanjutnya, klik Search automatically for updated driver software.

Mendiagnosis Masalah Memori

Seperti yang disebutkan dalam pendahuluan, kesalahan biasanya disebabkan oleh masalah memori di komputer Anda. Untungnya, Windows memiliki utilitas bawaan yang dapat membantu menyelesaikan sejumlah besar masalah terkait memori. Untuk menggunakannya, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  • Di bilah pencarian menu Start, ketik Windows Memory Diagnostic dan pilih Best Match.
  • Pengguna dapat langsung memulai ulang PC mereka dan memulai proses diagnostik atau melakukannya saat komputer melakukan boot ulang berikutnya.

Disarankan agar pengguna memilih opsi pertama dan memulai ulang komputer mereka.

Nonaktifkan Software Antivirus Anda

Perangkat lunak antivirus terkenal karena sering menghapus atau mengkarantina file sistem yang penting. Ini juga dapat terjadi saat menginstal driver baru atau memperbarui yang sudah ada. Itulah mengapa disarankan agar pengguna menonaktifkan antivirus mereka untuk sementara saat menginstal perangkat lunak baru (diunduh dari situs tepercaya) atau driver.

Untuk menonaktifkan perangkat lunak antivirus Anda, temukan ikonnya masing-masing di dekat bilah notifikasi di sisi kanan taskbar. Klik kanan padanya dan klik nonaktifkan. Prosesnya mungkin berbeda di berbagai program antivirus, jadi periksa manual pengguna tentang cara melakukan hal yang sama.

Terkadang, Keamanan Windows bawaan juga dapat salah menandai program dan file yang aman. Untuk menonaktifkan Keamanan Windows, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Ketik Windows Security di bilah pencarian menu Start dan klik pada hasil pertama.
  • Di dasbor, klik Virus and threat protection.
  • Klik Manage settings dan matikan Real-time protection.

Harap dicatat bahwa ini adalah penonaktifan sementara. Segera setelah program atau driver selesai dipasang, aktifkan kembali program antivirus Anda.

Lepaskan Perangkat Keras Eksternal

Saat mem-boot komputer Anda, pastikan bahwa semua perangkat keras eksternal telah dilepaskan. Ini termasuk keyboard, mouse, perangkat penyimpanan, dan pengontrol video game Anda. Periksa apakah ada gangguan saat mem-boot atau munculnya kembali kesalahan setelah booting.

Jika komputer bekerja dengan lancar, berarti driver yang terkait dengan perangkat eksternal tersebut tidak terpasang dengan benar.

Kosongkan Ruang Penyimpanan

Kesalahan Kmode Exception tidak ditangani juga bisa menjadi hasil dari hard drive penuh.

Microsoft menganjurkan pengguna untuk meninggalkan cukup banyak ruang di drive C: karena berisi file sistem. Drive C: lengkap dapat menyebabkan banyak masalah, khususnya saat mengunduh dan menginstal pembaruan Windows.

Perbarui BIOS dan Pengaturannya

Kesalahan dapat disebabkan karena perangkat lunak BIOS yang kedaluwarsa. Untuk memperbarui BIOS Anda, buka situs web pabrikan motherboard dan arahkan ke bagian unduhan. Pilih motherboard yang sesuai, kemudian unduh dan instal BIOS terbaru.

Jika BIOS Anda memiliki opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan caching dan shadowing, pastikan kedua opsi ini dinonaktifkan. Sistem yang lebih baru tidak memiliki pengaturan ini, tetapi penting untuk mengesampingkannya.

Kesalahan/Error Kmode Exception Not Handled di Windows 10 Terselesaikan

Teknik yang disebutkan di atas akan menyelesaikan BSOD kmode_exception_not_handled. Tetapi jika buruk menjadi lebih buruk, dan kesalahan tidak teratasi, opsi fallback atau Factory Reset Komputer Windows terakhir Anda untuk mengatur ulang Windows 10.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top