Internet

5 tips Mudah Mengamankan Komputer kalian di Waktu Anemia Dari 5 Menit

Kekurangan waktu? Setiap orang Bisa Jadi target malware, virus, dan peretas, Jadi lindungi perangkat kalian dengan tips Genjah ini.

Komputer kalian berisi banyak informasi yang ingin kalian rahasiakan. akan tetapi tanpa keamanan apa pun, perangkat kalian Bisa dieksploitasi oleh peretas, malware, dan ancaman virtual lainnya. Selain mencuri data kalian, ini Bisa merusak file kalian dan bahkan membuat PC kalian tak Bisa digunakan.

Untungnya, melindungi perangkat kalian dari Agresi cyber hanya membutuhkan waktu lima menit. Inilah yang wajib kalian lakukan.

Buat Perkataan Sandi Yang Kuat

Banyak orang tak mempunyai PIN atau sandi di komputer mereka. Bayangkan bila seseorang memegang perangkat kalian yang tak dilindungi dan mengobrak-abrik file dan data pribadi kalian.

Menetapkan Perkataan sandi masuk ke komputer kalian Yaitu lapisan keamanan termudah untuk diterapkan. Pastikan untuk memakai Perkataan sandi yang panjang dengan setidaknya delapan hingga 12 karakter yang tak mudah ditebak untuk itu lihat artikel kami mengenai tips Membuat Perkataan Sandi Yang Aman dan Berkesan.

Berikut ini tips mengatur Perkataan sandi di PC kalian:

Windows

  • Di layar utama komputer kalian, klik tombol Start yang terletak di kiri bawah.
  • Selanjutnya, klik Settings dan setelah itu Accounts.
  • setelah itu klik di tab Sign-in Options.
  • Dibagian kanan jendela, dan di bawah menu Password, klik tombol Add. bila kalian sudah mempunyai Perkataan sandi, kalian Bisa mengubahnya dengan mengeklik Change.
  • Klik Control Panel dari menu tarik-turun, lalu pilih Add or Remove User Accounts. bila meminta izin untuk menjalankan perubahan, klik Continue.
  • Masukkan Perkataan sandi baru kalian dan masukkan kembali di bilah teks. Pastikan itu kuat dengan menggabungkan huruf, simbol, dan angka. kalian juga Bisa memasukkan Password Hint, bila kalian kesulitan mengingatnya.
  • Seusai kalian selesai, klik tombol Next. Terakhir, klik tombol Finish untuk menyimpan perubahan yang telah kalian buat.

Mac

  • Buka Menu Apple dan klik System Preferences.
  • setelah itu, navigasikan ke General sebelum masuk ke bagian Security and Privacy.
  • Selanjutnya, klik ikon kunci di bagian bawah jendela.
  • bila ini pertama kalinya kalian membuat Perkataan sandi, klik opsi buka kunci.
  • Centang di kotak yang bertuliskan Require Password dan pilih periode saat PC meminta kalian untuk memasukkan Perkataan sandi.
  • Seusai selesai, klik ikon gembok di bawah untuk menyimpan perubahan yang kalian buat.

Gunakan Otentikasi Dua Faktor

Sandi tak cukup untuk mencegah penjahat dunia maya Mengakses data kalian. Orang-orang sering kali memakai satu atau dua sandi untuk puluhan akun online dan offline mereka. bila Perkataan sandi ini dibobol dari satu sumber, akun kalian yang lain berada di bahaya.

Untuk menambahkan lapisan keamanan kedua, gunakan Two-Factor Authentication (2FA). Sebagian besar pengelola Perkataan sandi mendukung 2FA. Sebelum seseorang Bisa masuk ke akun, mereka membutuhkan Perkataan sandi kalian ditambah verifikasi lain seperti pemindaian wajah, sidik jari, atau Perkataan sandi satu kali (OTP), yang Bisa dikirim ke ponsel cerdas atau email kalian.

Windows 10 mempunyai fitur otentikasi biometrik yang disebut Windows Hello. Fitur keamanan ini mempunyai tiga metode otentikasi: pemindaian retina, sidik jari, dan pengenalan wajah. Itu juga Bisa disinkronkan ke pengelola Perkataan sandi seperti Keeper dan Dashlane.

Berikut Yaitu bagaimana kalian Bisa memeriksa apakah PC kalian mendukung Windows Hello:

  • Klik ikon Windows di kiri bawah layar beranda kalian.
  • setelah itu, klik Settings.
  • Dari sana, klik Accounts.
  • Terakhir, tekan Sign-in Options. Di bawah tab Windows Hello, kalian akan melihat apakah itu tersedia di perangkat kalian atau tak.

bila kalian mempunyai perangkat yang kompatibel, kalian Bisa mengaktifkan Pengenalan Wajah atau Sidik Jari dengan mengklik tombol Set up di bawah judulnya masing-masing.

Selalu Jaga Firewall kalian Aktif

Setiap kali PC kalian terhubung ke internet, PC rentan terhadap malware dan peretas. Firewall Yaitu garis pertahanan pertama kalian untuk menghentikan upaya mereka memasuki sistem kalian.

Firewall melindungi privasi kalian dengan memblokir informasi Domain Name Service (DNS) situs. Peretas tak akan Bisa melihat alamat IP kalian dan informasi penting lainnya.

Berikut tips mengaktifkan kembali firewall PC kalian bila kalian sengaja atau tak sengaja mematikannya:

Windows

  • Klik di tombol Start dan setelah itu pilih Settings. Selanjutnya, klik tab Update and Security.
  • Di menu sebelah kiri, pilih Windows Security.
  • Klik Firewall and Network Protection. Ini akan menunjukkan kepada kalian tiga opsi: Domain Network, Private Network, dan Public Network. kalian akan melihat daftar bagian yang Menyebut “No actions needed”.
  • Untuk mengaktifkan (atau menonaktifkan) ini, klik Disorientasi satu opsi. kalian Bisa mengaktifkan semuanya sekaligus.
  • Buka Public Network, dan di bawah Windows Defender Firewall, geser penunjuk ke kanan untuk menyalakannya.

Mac

  • Buka Menu Apple dan klik System Preferences.
  • Pilih Security and Privacy, lalu klik Firewall di bilah menu atas.
  • bila kalian mempunyai Perkataan sandi, klik ikon gembok di bagian bawah jendela. Lalu, ketikkan.
  • Seusai kuncinya dibuka, kalian Bisa memilih untuk mengaktifkan (atau menonaktifkan) Firewall.
  • Klik ikon gembok lagi untuk menyimpan perubahan yang kalian buat.

Instal Antivirus dan Anti Spyware

Peluang terbaik kalian untuk mendeteksi malware dengan cara real-time Yaitu dengan menjalankan paket keamanan di PC kalian. Windows 10 mempunyai Antivirus bawaan yang disebut Windows Defender, yang Bisa menangkis sebagian besar malware.

Namun, kalian juga Bisa menginstal program antivirus populer lainnya seperti Avast, Bitdefender, Norton, dan Kaspersky. Antivirus ini menawarkan fitur tambahan seperti anti-ransomware dan Inspeksi tautan.

di ini, sebagian besar perangkat lunak antivirus berharga antara $ 40 dan $ 80, tergantung di jumlah dan jenis perangkat yang dicakup serta fitur keamanannya. Selain mengoptimalkan kinerjanya dengan cara Keseluruh, pembaruan sistem keamanan perangkat lunak juga merevisi perlindungan sistem bawaan PC kalian.

Waktu penginstalan bervariasi menurut sistem. McAfee, misalnya, membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menyelesaikannya. Membeli satu, bagaimanapun, membutuhkan sedikit waktu, dan proses instalasi tak terlalu memakan waktu.

Selalu Izinkan Pembaruan Sistem

Pemakai komputer terkadang mempunyai persepsi negatif mengenai pembaruan sistem di karenakan mereka membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya. di kasus yang sangat jarang terjadi, mereka Bisa berdampak negatif di PC kalian dengan memperlambat beberapa prosesnya.

Namun, memperbarui sistem kalian dengan cara teratur juga mempunyai manfaatnya, Yaitu, menambal kerentanan keamanan yang ditemukan di sistem operasi sejak pembaruan terakhir.

Berikut Yaitu tips mengatur PC kalian untuk menginstal pembaruan sistem dengan cara otomatis:

Windows

  • Klik Start di kiri bawah layar kalian. setelah itu pilih Settings dari menu.
  • Selanjutnya, buka Update and Security sebelum mengklik Windows Update.
  • Pilih Advanced options dan setelah itu Automatic (Recommended) di bawah menu Choose How Updates are Installed menu.

Mac

  • Di Apple Menu, buka System Preferences.
  • Klik Software Update untuk meninjau apakah ada pembaruan yang tersedia. bila ada, klik Update Now.
  • bila kalian ingin menginstal pembaruan di masa mendatang dengan cara otomatis, centang opsi Automatically keep my Mac up to date.

Hanya dengan memperhatikan bagaimana dan di mana kalian memakai perangkat kalian Bisa mengamankannya dari Agresi luar. Misalnya, jangan Sempat memakai Wi-Fi publik tanpa Agunan hanya di karenakan itu Yaitu koneksi internet gratis. Akibatnya, matikan juga Bluetooth perangkat kalian di depan Generik bila tak diperlukan di karenakan Bisa digunakan Bagaikan pintu belakang oleh peretas.

Jangan buka pesan spam apa pun di email kalian di karenakan sering menyebabkan Agresi phishing. Membersihkan riwayat penjelajahan kalian Bisa membersihkan cookie yang tak diinginkan dan file cache yang digunakan untuk mendapatkan informasi kalian.

Tetap Aman di Online

Ada banyak tips lain untuk mengamankan komputer, akan tetapi tips ini membutuhkan lebih banyak waktu untuk dijalankan. Disorientasi satu metode terbaik untuk melindungi diri kalian dari Agresi online yang berbahaya Yaitu melalui Virtual Private Network (VPN). Banyak security suite juga menawarkan VPN, Jadi kalian wajib Menelusuri tahu apa yang ditawarkan antivirus kalian sebelum membeli.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top